Wali Kota Kupang Gelar Aksi Tanam Pohon Ketapang Kencana

Untuk mendukung program Gerakan Kupang Hijau (GKH), lusinan jurnalis menanam Pohon Ketapang Kencana di Jalan Adi Sucipto Penfui Kupang bersama Walikota Kupang Jefri Riwu Kore.

Kegiatan ini diprakarsai oleh komunitas Jurnalis Daring Indonesia (GABUNG) di wilayah NTT. Berbagai jenis Pohon Ketapang Kencana ditanam, seperti ketapang kencana, angsana, besi mengkilap dan flamboyan.

Wali Kota Kupang Gelar Aksi Tanam Pohon Ketapang Kencana

Walikota Kupang Jefri Riwu Kore ingin mengucapkan terima kasih kepada kru media yang bersama-sama berhasil dalam program pemerintah Kota Kupang. Wartawan mengatakan bahwa Jefri tidak lagi sekadar menulis berita, tetapi secara langsung memberikan contoh yang pantas diapresiasi dan menjadi contoh bagi warga kota Kupang.

Kesadaran ini harus dibagikan oleh semua warga agar kota yang terkenal infertilitasnya bisa hijau. Agar program GKH berhasil, saya menginstruksikan ASN untuk menanam Pohon Ketapang Kencana. Demikian juga, satu penghuni rumah harus menanam satu Pohon Ketapang Kencana, kata Jefri.

Pohon Ketapang Kencana yang ditanam bukan lagi Pohon Ketapang Kencana muda, tetapi memiliki diameter 30 centimeter dan tinggi lebih dari 3 meter. Kami berharap akar Pohon Ketapang Kencana akan kuat di musim hujan, sehingga kami bisa melanjutkan selama musim kemarau. membantu dengan pembilasan, tambahnya.

Sementara ketua DPW (JOIN) jurnalis online Indonesia wilayah NTT, Joey Rihi Ga meminta jurnalis untuk berpartisipasi dalam aksi nyata dalam mendukung program pemerintah.

Jurnalis seperti warga dan warga kota Kupang tidak hanya harus menjadi reporter berita, tetapi juga menjadi aktor dalam mengembangkan dan mengelola kota.

Jurnalis tidak boleh menggonggong dari kegelapan malam dan kemudian melupakan bahwa dia juga warga negara yang memiliki kewajiban untuk melindungi lingkungan. Jual Ketapang Kencana

Kami menanam untuk anak-anak dan cucu-cucu kami. Kami berharap bahwa program-program seperti itu disimpan secara rutin. Mari kita lindungi sifat kita bersama dan melindungi bumi tidak hanya melalui tulisan, tetapi juga melalui tindakan nyata, kata pemimpin redaksi NTT.

Membahas Pohon ketapang mungkin akan seru dan menarik,pasalnya pohon ini cukup terkenal di Indonesia,yang mana sangat mudah anda temukan di pinggir jalan dan di protokol jalan di kawasan Kota Besar seperti Jakarta,Surabaya,Dan Semarang. 

Namun,tahukah anda bahwa ketapang kencana ini mempunyai banyak manfaat dari mulai biji maupun akar dari ketapang itu sendiri. Berikut akan kami ulas secara singkat dan detail mengenai Pohon Ketapang Kencana

Karakteristik utama pohon ketapang

Pohon ketapang adalah tanaman khas di wilayah Asia Tenggara. Ketapang dapat ditemukan hampir di mana-mana di Asia Tenggara, kecuali di pulau Sumatra dan Kalimantan.

Pohon ini dibawa dari Asia Tenggara dan tersebar di berbagai belahan dunia. Kemudian ditentukan bahwa iklim di Australia Utara, India, Polinesia, Madagaskar, Pakistan, Afrika Barat, Afrika Timur, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah cocok untuk menanam Ketapang.

Pada dasarnya, pohon ketapang dapat tumbuh di daerah pesisir (dataran rendah) dengan curah hujan sekitar 1.000 hingga 3.500 mm per tahun.

Pohon ketapang adalah pohon besar yang rindang. Tingginya bisa mencapai 3 meter dengan lebar tongkat 1,5 meter. Ketapang memiliki satu sifat, yaitu bahwa ranting-rantingnya tumbuh menyamping (horizontal) dan berlapis-lapis. Akibatnya, pohon ketapang sering terlihat seperti bangunan pagoda.

Ketapang Kencana mempunyai bentuk daun dengan luas yang lebar dan cenderung meruncing di bagian ujungnya, Ketapang tampak semakin subur dan rindang. Ditambah bunga-bunga kecil yang indah dalam warna kuning dan hijau, pohon-pohon ketapang terlihat menarik, sehingga pemerintah berbagai kota di Indonesia menggunakannya sebagai pohon bayangan untuk jalanan.

Pohon ketapang menghasilkan buah-buahan yang berbentuk seperti telur pipih dan bersayap sempit. Warnanya merah, kuning, kehijauan jika tidak matang, dan berubah menjadi merah-ungu saat dimasak. Buah ketapang memiliki lapisan gabus. Inilah mengapa buah ketapang bisa berenang di laut atau di sungai selama berbulan-bulan. Buah ketapang juga disebarkan oleh kelelawar.

Manfaat ketapang secara umum

Hampir semua bagian pohon Ketapang dapat digunakan. Daun sering digunakan sebagai dasar untuk produksi tinta, menghitam dan penyamakan kulit. Daun ketapang mengandung 12 jenis tanin yang bisa dihidrolisis.

Jaringan kulit kayu (pepagan) dapat digunakan sebagai zat pewarna. Warna yang dihasilkan dari ekstrak pohon Ketapang kencana ini dominan dengan warna kuning kecoklatan dan hampir mirip dengan minyak zaitun. Kulit kayu atau bagian pepagan ini banyak mengandung tanin sebesar 11% hingga 23%.

Kayu pohon ketapang berwarna merah muda sampai kecoklatan. Kepadatan kayu tertentu, yang disebut terminalia merah-coklat, antara 0,465 dan 0,675. Kayu pohon ketapang tidak tahan lama, tetapi sangat tahan dan keras, sehingga kayu ketapang sering digunakan untuk menutupi lantai (veneer) dan untuk membuat perahu.

Biji buah ketapang bisa dimakan. Beberapa orang bahkan berpikir bahwa biji ketapang lebih baik daripada biji kenari. Karena itu, banyak pembuat kue menggunakan biji ketapang sebagai pengganti kenari dan almond. Ketika inti biji ketapang dikeringkan di bawah sinar matahari, terbentuk minyak kekuningan.

Minyak ini kaya akan berbagai asam lemak seperti asam oleat (hingga 23,3%), asam palmitat (55,5%), asam linoleat, asam miristat dan asam stearat. Selain asam lemak, biji ketapang kering juga mengandung gula 16%, protein 25% dan berbagai jenis asam amino.

Biji ketapang dapat menurunkan kadar kolesterol

Berdasarkan penelitian oleh peneliti dari University of Toronto, Kanada, buah biji ketapang dapat membantu menurunkan kolesterol darah. Fakta ini ditentukan sebagai hasil investigasi dengan tiga kelompok peserta.

Dalam studi semen Ketapang ini, kelompok pertama menurunkan kolesterol melalui diet tingkat rendah yang hanya mengonsumsi makanan dengan krim susu dan sereal. Kelompok kedua diberi makan sama seperti kelompok pertama.

Hanya saja pada kelompok kedua, diet ditambah dengan konsumsi pil penurun kolesterol hingga 20 ml per hari. Kelompok ketiga secara ketat mengonsumsi makanan berserat, kedelai dan biji ketapang.

Kemudian hasilnya menunjukkan bahwa kelompok ketiga (yang mengonsumsi biji ketapang) berhasil menurunkan kadar kolesterol mereka lebih dari 30%. Alasannya biji ketapang mengandung vitamin E dalam jumlah banyak. 

Vitamin E berfungsi sebagai pemicu pengurangan jumlah protein C-reaktif. Kadar protein C-reaktif yang tinggi mengindikasikan peradangan pembuluh darah di dalam tubuh, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Daun ketapang sebagai pakan sederhana untuk ikan cupang

Daun ketapang diiklankan sebagai resep khas Asia untuk mengatasi masalah air, itulah pendapat para pecinta ikan. Sebagian besar sungai dan danau di Asia berwarna coklat gelap. Secara mengejutkan warna air ini dapat memengaruhi kualitas hidup ikan hias yang ada di dalamnya.

Ini diketahui setelah fakta bahwa ikan cupang yang hidup di daerah dengan sungai atau danau berwarna coklat gelap (jauh ke sana karena daun Ketapang) lebih cantik dan tubuhnya lebih sehat.

Mengapa daun ketapang dapat menjaga kualitas ikan cupang? Penelitian menunjukkan bahwa daun ketapang menghasilkan sejenis racun yang digunakan untuk menghindari parasit.

Ketika daun pohon, juga dikenal sebagai pohon kenari tropis, mengering dan jatuh ke sungai atau danau, asam organik (seperti tanin dan asam humat) berkembang yang dapat mengurangi keasaman air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *