Cara Merawat Kain Brokat

Bahan Kain Brokat – Setiap benda tentu perlu diberikan perawatan. Hal itu supaya benda tersebut bisa tahan lama. Sama halnya dengan sebuah kain, juga perlu diberikan perawatan.

Jenis Kain Brokat
Kain Brokat

Memberikan perawatan yang tepat, akan menjadikan benda yang kita miliki akan bisa bertahan lebih lama. Langsung saja, berikut sudah kami rangkum beberapa tips merawat kain brokat.

1. Memperhatikan cara mencuci

Cara mencuci yang Anda lakukan ternyata memiliki dampak yang sangat besar terjadap kualitas kain Anda nantinya. kain yang dicuci dengan cara yang benar akan semakin awet dan terjaga. Sebaiknya Anda mencuci menggunakan tangan saja.

Hal tersebut sengaja dilakukan supaya bisa menjaga kain brokat tersebut. Mengingat, kain brokat ini biasanya memiliki banyak payet. Manakala dicuci dengan tidak benar, makapayetnya bisa saja rontok. Untuk itu, demi menghindari hal yang tidak diingininkan tersebutm sebaiknya Anda mencucinya dengan menggunakan tangan.

2. Memperhatikan cara menjemur

Setelah mencuci, maka tahap selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu cara menjemurnya. Sebaiknya Anda tidak menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Hal ini dilakukan demi menjaga warnanya. Supaya warnanya tidak luntur dan tetap awet.

Anda bisa menjemurnya dengan cara mengangin-anginkan kainnya. Dengan penjemuran ini, maka kain yang Anda miliki akan semakin awet dan terjaga.

3. Perhatikan penyetrikaan

Setelah dijemur, biasanya pakaian yang menggunakan bahan kain akan disetrika termasuk bahan brokat ini. Terkait dengan hal ini, sebaiknya Anda juga memperhatikan cara penyetrikaannya. Jangan menyetrika dengan suhu yang sangat panas. Hal itu untuk menghindari supaya kainnya tidak mudah melar.

Tingkat Kesulitan Menjahit Kain Brokat

Untuk itu, manakala Anda sudah mengetahui jenis brokat, maka kini saatnya anda memilih kain yang sesuai dengan kebutuhan anda. Kain brokat, hadir dengan Jenis yang berbeda tentu akan semakin berbeda pula tingkat kesulitan ketika menjahitnya.

Brokat
Kain Brokat

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan manakala menentukan jenis kain brokat ketika menjahit nya. Semakin bagus kualitasnya, tentu akan memiliki kemudahan menjahitnya atau semakin mudah menjahitnya.

Perlu diketahui juga jika kain brokat ini memiliki tekstur berpori serta relatif sangat tipis. Dengan demikian, sebaiknya Anda menghindari menggunakan kain dengan jenis gerigi. Hal ini berguna untuk membantu meminimalisir kerusakan pada kain brokat itu sendiri.

Jika terpaksa harus menggunakan, sebaiknya menggunakan kampuh balik yang akan bisa membantu pada bagian tertentu ketika sedang dijahit pada dasarnya, brokat ini memiliki tekstur yang tipis serta tidak tahan terhadap cuaca panas. Dengan demikian, sebaiknya Anda menghindari untuk menyetrika busana brokat.

Dan untuk mengetahui informasi tentang kelebihan, kekurangan, karakteristik serta tekstur suatu kain kamu bisa mengunjungi salah satu website seperti olympics30.com atau situs lainnya yang membahas tentang kain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *