Khasiat Utama Dari Tanaman Jahe

Jahe adalah jenis makanan atau rempah-rempah yang diekstrak dari akarnya. Mereka sangat terkenal karena rasanya yang pedas dan juga terasa hangat ketika dikonsumsi dengan air hangat. Diyakini bahwa tanaman jahe berasal dari negara bagian India selatan, di mana sejumlah besar petani masih membudidayakan tanaman jahe ini.

Tanaman jahe juga terkenal di berbagai negara seperti Indonesia, India, Cina dan negara-negara Afrika. Jahe adalah tanaman rimpang dengan sifat pertumbuhan yang menyebar di bawah permukaan tanah dan dapat menghasilkan berbagai jenis tunas baru. Ada juga akar baru dari segmen.

Khasiat Utama Dari Tanaman Jahe

Tanaman jahe ini memiliki banyak manfaat kesehatan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Dapat dimakan segar atau ditambahkan ke berbagai makanan sebagai daya tarik tambahan dan penambah rasa yang kuat dalam berbagai makanan, khususnya masakan khas Indonesia, dapat juga diolah menjadi bumbu dapur, jahe dodol, permen jahe, selai jahe dan teh jahe.

Tanaman jahe ini memiliki rasa pedas, tetapi bisa menghangatkan. Rasa pedas yang dimaksud tidak pedas seperti cabai, tetapi pedas karena sangat hangat. Agak kuning keputihan di bagian daging jahe dominan ini. Dan ada juga berbagai jenis tanaman jahe, yaitu jahe gajah, jahe kuning dan jahe.

Tanaman jahe ini juga cocok untuk dimasak dan disajikan sebagai minuman karena memiliki rasa yang hangat dan secara optimal menghangatkan tubuh, terutama dalam cuaca dingin.

Pohon jahe

Bentuk bibit tanaman jahe sendiri hampir sama dengan jahe pada umumnya, tetapi ada beberapa ciri yang bisa kita kenali, seperti:

• Karakteristik pertama adalah bahwa tanaman jahe dengan pseudostem sangat dominan

• Tinggi pohon jahe adalah antara 30 dan 120 cm, tetapi tinggi rata-rata adalah antara 30 dan 50 cm.

• Daun tanaman jahe ini berukuran cukup sempit dengan panjang hanya 15-23 mm.

• Dengan tangkai daun, tanaman jahe kurang berbulu dan memiliki panjang 2-4 mm.

• Jahe ini memiliki bunga.

• Batang lebih menonjol dari tanah daripada tangkai daun

• Pegangannya berbentuk seperti kulit kayu, tidak memiliki rambut, bunganya berwarna merah cerah dan dilindungi oleh daun hijau tebal.

JAHE MERAH

Tanaman jahe merah, varietas jahe unggul lainnya, tanaman jahe merah itu sendiri, memiliki nama Latin Zingibri officinalio, sejenis jahe merah, varietas rubrum yang masih terkait dengan jenis tanaman rimpang lainnya. Tanaman jahe merah itu sendiri sebenarnya cukup terkenal dan agak berbeda dari varietas jahe pada umumnya, dan tentu saja diketahui sebelumnya bahwa ia digunakan sebagai bahan obat dan sebagai herbal untuk bahan baku untuk memasak.

Daun tanaman jahe merah sedikit menyirip dan tentu saja memiliki bagian tangkai daun yang sedikit berbulu. Pada mahkota bunga tanaman jahe ini adalah bentuk tubular dengan helai yang terlihat agak sempit dan memiliki ujung yang agak tajam. Batang jahe merah juga dominan dan memiliki warna agak kehijauan.

Tanaman jahe ini memiliki rimpang dan sangat dominan. Ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan jari-jari manusia, tetapi sedikit bengkak dan cukup lebar di antara garis-garis sisi segmen tengah.

Jahe merah adalah salah satu varietas lain yang dikutip dari sumber terpercaya, mengatakan bahwa Anaman masih merupakan bagian dari suku Zingiberaios atau disebut tribal find dalam istilah Indonesia.

Jadi nama Latin dari tanaman jahe merah dinamai abjad Yunani Zingiberios Redikon, dan bahasa Sanskerta adalah Singaberias. Nama ini dikeluarkan oleh seorang tokoh dunia bernama William Roxburgh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *