Harga Kubah Masjid Enamel Di Jawa Barat

Masjid Islamic Center Indramyu merupakan sebuah bangunan masjid megah yang berdiri kokoh di wilayah Kabupaten Indramayu,yang mana tentunya bangunan masjid ini telah menjadi perhatian secara khusus bagi masyarakat dan juga pengunjung yang kebetulan berada di Indramayu.

Harga Kubah Masjid Enamel Di Jawa Barat

Hal ini di karenakan bangunan masjid ini telah menjadi sebuah rumah ibadah bagi kaum Muslim yang mempunyai bangunan yang cukup besar sekaligus termegah.

Dahulunya masjid ini hanya mampu menunjukkan bentuk aslinya, meskipun belum 100% selesai dan masih dalam pembangunan dan menghaluskan seluruh konstruksi, masjid bahkan disebut-sebut sebagai masjid dengan pesona terindah di wilayah III Cirebon.

Bentuk bangunan yang sangat indah dan indah ini nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Kota Indramayu.

Masjid Islamic Center di Indramayu dibangun di lokasi yang sama dengan Masjid Islamic Center sebelumnya yang sudah ada di lokasi itu.

Masjid ini secara resmi menyandang nama masjid Pusat Islam Abdul Manan Indramayu, tetapi sebagian besar orang di sekitarnya mengenalnya sebagai masjid Pusat Islam Indramayu.

Lokasi masjid ini berada di persimpangan lima Pekandangan dan memang telah lama menjadi perhentian bus bagi kelompok peziarah untuk berdoa dan beristirahat lima kali dalam perjalanan haji.

Bangunan masjid Islamic Center adalah bangunan tua yang kemudian dihancurkan dan dibangun kembali dalam bentuk saat ini. Bangunan masjid dengan tema modern dan biasanya sangat lengkap dengan tiga kubah di atap masjid dan kemudian dihubungkan dengan empat menara yang nampak cukup tinggi dan menjulang, yang terletak di empat sudut masjid.

Kubah utama masjid juga diapit oleh dua kubah yang ukurannya jauh lebih kecil di sebelah kiri dan juga di sebelah kanan. Untuk ornamen masjid, arsitekturnya sangat bagus dan juga sangat mengesankan dibuat dari bangunan masjid khas Timur Tengah.

Ada juga tempat parkir besar yang dapat menampung sejumlah besar kendaraan roda dua dan roda empat, meskipun ada bus besar. Ada juga taman di tempat parkir dan ada juga air mancur yang memiliki lebih banyak angka dan akan terlihat sangat bagus.

Di malam hari, ratusan lampu LED akan memancarkan lampu yang sangat terang yang bisa menyerap perhatian pengguna jalan yang melintasi persimpangan Pekandangan ini.

Peresmian Masjid Islamic Center Indramayu

Pembangunan masjid Pusat Islam Indramayu dilakukan secara bertahap dengan dana dari anggaran kabupaten Indramayu, dan pembangunan dimulai pada 2015 dan selesai pada 2018. Ini didedikasikan pada 1 Juni 2018 oleh Gubernur Jawa Barat di saat itu yaitu H. Ahmad Heryawan.

Penahbisan masjid juga bertepatan dengan bulan suci Ramadhan dan berlangsung setelah shalat Tarawih di jemaah. Dengan total total biaya konstruksi masjid ini mencapai Rp. 180 miliar Rupiah.

Pembangunan masjid ini juga menerima bantuan dari Gubernur Ahmad Heryawan dengan biaya Rp. 48 miliar untuk pembangunan pusat Islam ini. Setelah itu, upacara penahbisan masjid juga dihadiri oleh Bupati Indramayu Anna Sophana, Wakil Bupati Indramayu, pejabat daerah sipil dan militer dan ribuan Muslim Indramayu yang dituangkan ke dalam masjid.

Fasilitas Masjid Indramayu Islamic Center

Islamic Centre di Indramayu memiliki total area di sebidang tanah dengan luas 12 hektar. Hanya 6,2 hektar yang digunakan. Bangunan masjid di lantai pertama ini memiliki luas hingga 860 meter persegi dan dapat menampung sebanyak 1.450 jemaah.

Lantai kedua ini memiliki luas 737 meter persegi dan dapat menampung hingga 1.000 jemaah. Cluster masjid memiliki luas 1.800 meter persegi dan dapat menampung sekitar 3.500 jamaah. Selain halaman yang berdekatan, diklaim bahwa sekitar 1.000 kaki persegi dapat menampung hingga 1.500 jemaah.

Masjid Indramayu Islamic Center juga merupakan sebuah bangunan masjid yang sangat indah, menurut ungkapan dari salah satu pihak Kontraktor Kubah Masjid Enamel menjelaskan bahwa masjid Islamic Center  Indramayu   ini mempunyai  Bangunnan Kubah Masjid yang berbahan dasar dari Enamel,yang mana bahan enamel ini merupakan bahan yang sangat umum untuk diaplikasikan pada kubah masjid dengan berbagai model serta desain yang futuristik.

Masjid ini juga dilengkapi dengan fasilitas dan infrastruktur pendidikan dalam bentuk Raudhatul Arhfal atau Taman Kanak-Kanak berdasarkan ajaran Islam dan juga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Nantinya, masjid ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti gedung pertemuan, gedung pelatihan, bangunan Tahfidz Quran dan pusat-pusat komunitas untuk pembangunan ekonomi.

Mengingat lokasinya yang strategis dan sejak konstruksi megahnya, masjid ini telah menjadi persinggahan favorit bagi pengguna jalan di jalan Pantura.

Nama resmi Masjid Islamic Center Indramayu

Islamic Centre Sheikh Abdul Manan, nama resmi Masjid dan Islamic Centre distrik Indramayu, melanjutkan tokoh besar ulama Indramayu abad ke-19. Makamnya adalah tempat ziarah sampai hari ini.

Selama hidupnya ia tinggal di desa Paoman, kecamatan Indramayu dan rumahnya tetap mempertahankan keasliannya sejauh ini. Dia juga mewarisi beberapa buku.

Semasa hidupnya, Syekh Abdul Manan tinggal di sebuah rumah sederhana di Desa Paoman, Kabupaten / Distrik Indramayu. Meski usianya ratusan tahun, struktur asli rumah itu tetap dipertahankan.

Pengamat sejarah Indramayu berharap pemerintah akan memperhatikan mengurus rumah warisannya dan membangun jalan akses yang memadai ke makamnya untuk memfasilitasi para peziarah, ditambah lokasi di tengah kota Indramayu jika dikelola dengan benar tentu akan lebih menarik untuk wisatawan.

Karena lubang angin di empat sisi masjid Islamic Centre Indramayu, sirkulasi udara di ruang masjid sangat berkembang, sehingga Anda mungkin tidak dapat merasakan ketika hangat atau ketika cuaca panas, juga meskipun tidak dipasang AC atau kipas tambahan lainnya.

Di bagian di mana imam sengaja tidak dibangun tanpa dinding yang dimaksudkan untuk menggambarkan setiap makhluk yang melakukan doa, ia sebenarnya akan menghadap Tuhan.

Selain masjid ini cukup unik dan juga indah, masjid ini juga memiliki fungsi artistik, yang di setiap lubangnya juga berfungsi sebagai ventilasi udara. Ketika hampir tengah malam, cahaya dari lampu di masjid memancar keluar, sinar dari cahaya ini menembus melalui lubang ventilasi, sehingga dari luar tampak seperti masjid yang memancarkan cahaya dalam bentuk monoteisme. Sangat keren.

Di bagian lantai dua ini para pengunjung juga dapat menikmati keseluruhan bangunan yang ada di ruangan masjid, baik di bagian lantai bawah yang di hiasi dengan karpet merah maupun di bagian atasnya yang dihiasi dengan lampu besar yang menggantung. Bagi sebagian pengjunjung, secara keseluruhan menikmati masjid bisa dirasakan dari lantai dua ini.

Presiden Joko Widodo berkunjung

Pada tanggal 6 Juni 2018, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, berkesempatan untuk mengadakan sholat tarawih di Masjid Indramayu Islamic Centre, bersama dengan warga Muslim Indramayu yang juga menghadiri acara tersebut. 

Juga hadir untuk menemani Jokowi, anggota dewan penasehat Presiden Agum Gumelar, Koordinator Staf Khusus untuk Presiden Teten Masduki, Staf Khusus Presiden untuk Sektor Komunikasi Johan Budi Sapto dan ada juga Prabowo dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *